USIA EMAS PERKEMBANGAN OTAK ANAK

Golden Age, atau bisa kita sebut sebagai masa keemasan seorang anak. Tentunya ayah bunda bertanya-tanya, "Pada usia berapakah buah hati kami dalam masa itu? Dan apa yang harus kami lakukan?". Baiklah, kami akan menjelaskannya kepada ayah dan bunda mengenai hal ini yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Menurut beberapa penelitian, golden age akan dialami manusia pada usia 0 sampai 5 tahun yang biasa kita sebut balita. Dalam rentang 5 tahun ini balita mengalami tumbuh kembang otak yang luar biasa, hal ini sejalan dengan perkembangan kecerdasannya. Hal ini ditunjukkan dari salah satu hasil riset yang menunjukkan bahwa seorang anak diusia 4 tahun memiliki tingkat kecerdasan sekitar 50%. Dan pada usia 8 tahun, kecerdasan anak sudah mencapai 80%, seperti yang diungkapkan oleh Direktur Pendidikan Anak Dini Usia (PADU), Depdiknas, Dr. Gutama. Pada fase ini pula anak menyerap segala informasi yang baik maupun buruk, dan ini menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian, serta kemampuan kognitif.

Dari penjelasan diatas, kita bisa membayangkan betapa pentingnya memberikan stimulasi atau rangsangan kepada buah hati kita pada fase itu. Sebab pada fase ini juga buah hati kita mengalami kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap memberikan respon terhadap stimulasi atau rangsangan yang diberikan lingkungan sekitar. Maka dari itu sebagai orang tua, ayah dan bunda dituntut untuk memberikan pengalaman yang bermanfaat untuk buah hati, memberikan pendidikan yang baik, memberikan stimulasi dengan maksimal, serta mengenalkan berbagai aktifitas yang diminati buah hati ayah bunda.

Disini Kami mencoba merangkum beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ayah bunda, diantaranya adalah:
1. Menciptakan suasana tenang dan nyaman dalam keluarga atau lingkungan sekitarnya
2. Memberikan perhatian penuh kepada buah hati
3. Memberikan stimulasi yang tepat kepada buah hati
4. Melibatkan anak dalam berbagai kegiatan minat dan bakat
5. Mengenali potensi buah hati
6. Mengajarkan buah hati untuk berkreasi
7. Menghargai bentuk dan potensi pada buah hati kita
8. Berusaha menjadi orangtua yang menyenangkan bagi buah hati

Nah, bagaimana ayah bunda? Semoga informasi mengenai golden age atau masa usia keemasan anak yang kami berikan bermanfaat bagi ayah dan bunda. Silahkan share jika ayah bunda merasa teman, sahabat, maupun kerabat yang perlu tahu akan informasi ini.
Terimakasih, :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "USIA EMAS PERKEMBANGAN OTAK ANAK"

Post a Comment